April 16, 2018

Simpeg dan Layanan Aplikasi

SIMPEG

Sistem Informasi Manajemen Pegawai (SIMPEG) merupakan media pendukung dalam mengelola informasi dan administrasi pegawai. Keberadaan simpeg sangat penting karena  memberikan pelayanan kepada seluruh personalia yang ada karena pegawai merupakan aset penting dalam penyelenggaraan organisasi yang perlu dikelola dengan baik. Pengelolaan pegawai yang baik dalam lingkup kecil akan meningkatkan kinerja pegawai dan dalam lingkup yang lebih besar akan membawa perbaikan kinerja perusahaan / pemerintah secara keseluruhan. Mengingat pentingnya pengelolaan data pegawai tersebut, maka peningkatan kualitas pengelolaan kepegawaian melalui implementasi Sistem Informasi Manajemen Pegawai merupakan salah satu prioritas dalam tahapan pengembangan e-government.

Ada pembagian level pengguna atau hak akses di dalam Simpeg, meliputi :

1.Pengguna Biasa (user)

Level ini dimiliki oleh semua PNS yang terdaftar ke SIMPEG. Adapun hak akses yang disediakan hanya sebatas melihat data/profil pengunjung sendiri. Selain itu pengunjung juga dapat melakukan fungsi pencarian data PNS. Untuk PNS yang belum mempunyai akun pengguna, dengan berbekal NIP PNS dan Nomer KARPEG dapat langsung mendaftar di http://simpeg.tegalkota.go.id

2.Administrator OPD / Instansi

Level ini hanya diisi oleh PNS yang ditunjuk oleh Instansi/OPD tempat dia bekerja. Meski dibatasi hanya di ruang lingkup OPD nya saja dan masih bersifat read only. Pengguna di level ini mempunyai hak akses lebih besar dari pengguna biasa. Berikut ini hak akses yang disediakan untuk pengguna Administrator OPD, yaitu:

  • Melihat data penjagaan KGB
  • Melihat data penjagaan Kenaikan Pangkat
  • Melihat data penjagaan Pensiun
  • Mencari PNS
  • Melihat Nominatif PNS
  • Melihat Struktur Organisasi OPD yang berada di Pemkot Tegal
  • Melihat Rekap Grafis PNS

3.Administrator BKPPD

Level ini hanya diduduki oleh PNS yang berada di BKPPD Kota Tegal selaku organisasi pengelola kepegawaian di pemerintah kota Tegal. Level ini mempunyai hak akses yang paling tinggi di SIMPEG, meliputi penambahan personil, mengubah data PNS, Melihat data penjagaan KGB, melihat data penjagaan kenaikan pangkat, Melihat data penjagaan pensiun, Pencarian PNS, Melihat Nominatif PNS, Melihat Struktur Organisasi OPD, serta melihat rekap grafis.